website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Jumat, 15 Juni 2012

Kombinasi Obat & Bawang Putih Percepat Turunkan Darah Tinggi


AN Uyung Pramudiarja - detikHealth

img
foto: Thinkstock
Adelaide, Salah satu bumbu dapur yang punya banyak manfaat adalah bawang putih, termasuk untuk kesehatan jantung. Bila dikonsumsi bersama dengan obat-obat antihipertensi, bawang putih bisa membuat tekanan darah turun lebih mudah. 

Dalam sebuah penelitian diUniversity of Adelaide, tekanan darah pasien yang mengonsumsi obat antihipertensi bersama dengan ekstrak bawang putih turun lebih rendah dibandingkan hanya dengan obat-obatan saja. Perbedaannya cukup signifikan karena mencapai 10 mmHg. 

Sebagian partisipan dalam penelitian ini mendapatkan suplemen bawang putih sebanyak 4 kapsul selama 12 pekan dan sebagian lainnya mendapat plasebo. Jenis obat antihipertensi yang digunakan bervariasi, termasuk di antaranya golongan diuretik. 

"Ini adalah riset pertama yang meneliti bawang putih sebagai terapi tambahan pada hipertensi yang diobati namun tidak terkontrol," ungkap salah satu peneliti, Karl Ried seperti dikutip dari AOL Health, Senin (22/11/2010). 

Berbagai penelitian terdahulu telah membuktikan manfaat bawang putih bagi kesehatan jantung. Pada hipertensi yang tidak terkontrol, efek bawang putih juga telah dibuktikan meski baru kali ini diteliti efeknya jika digunakan bersama dengan obat moderen. 

Namun kombinasi ekstrak bawang putih dengan obat-obat moderen tetap harus dikonsultasikan dengan dokter. Beberapa senyawa dalam herba ini bisa mengencerkan darah, mengurangi kemampuan untuk menggumpal dan bisa berinteraksi dengan golongan obat tertentu. 

Para peneliti juga belum bisa menganjurkan dosis yang tepat untuk mendapatkan efek paling optimal. Yang jelas dalam penelitian ini bawang putih hanya digunakan sebagai suplemen dan tidak untuk menggantikan obat antihipertensi. 

Sementara itu pakar kesehatan jantung dari AOL Health, Dr. Christopher Cannon menilai penelitian ini kurang bisa diterapkan. Dosis bawang putih yang digunakan menurutnya tidak wajar untuk konsumsi sehari-hari. 

"Untuk menurunkan tekanan darah, langkah terpenting adalah mengurangi konsumsi garam. Berikutnya adalah olahraga dan diet, namun beberapa orang mungkin tidak nyaman untuk memasukkan bawang putih ke dalam dietnya,"  
(up/ir


sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis