website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Minggu, 17 Juni 2012

Contoh Penelitian Tentang Buah Durian



SPONSORED BY
Komisi Gratis | Bisnis Online Tanpa Modal
KLIK GAMBAR ATAU DI SINI UNTUK BERGABUNG

Penelitian Tentang Buah Durian

Selamat datang di blog Jurnal Pendidikan. Sobat Jurnal Pendidikan Pada kesempatan kali ini admin akan berbagi artikel tentang Contoh Penelitian Tentang Buah Durian dengan judul "PENELITIAN EKOLOGI JENIS DURIAN (Durio spp.) DI DESA INTUH LINGAU, KALIMANTAN TIMUR" yang disusun Oleh sobat Muhammad Mansur (Peneliti di Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). atau mungkin sobat pendidikan ingin terlebih dahulu membaca posting sebelumnya yang membahas tentang "Contoh Penelitian Tentang Buah Duku :: SIFAT KIMIA DAN FISIKA BUAH DUKU ASAL BATANGHARI PADA BERBAGAI TINGKAT KEMATANGAN".semoga bermanfaat.

ilustrasi

PENELITIAN EKOLOGI JENIS DURIAN (Durio spp.) DI DESA INTUH LINGAU, KALIMANTAN TIMUR
Muhammad Mansur
Peneliti di Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Abstract
Ecological studies on the Durian (Durio spp.) in Intuh Lingau District, East Kalimantan Province was conducted on December 2005. One plot (0,6 ha) was establised at durian habitat for vegetation analysis. As the result, the forest type is secondary forest. Total number of trees (Stem diameter > 10 cm) were 183 individu which dominated by Durio zibethinus, Macaranga triloba, Ficus variegata, Octomeles sumatrana and Strombosia javanica. While, total number of sapling (stem diameter 2-9,9 cm) were 287 individu/0,15 ha which dominated by Leea rubra, Saurauia nudiflora, Monocarpia marginalis and Bridelia glauca. Vegetation structure and composition at study site will also discussed.

Key words: Vegetation structure and composition, Durian habitat, East Kalimantan.

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Tipe hutan hujan tropik Indonesia merupakan ruang yang sangat cocok bagi tumbuhnya segala jenis buah-buahan tropik. Tercatat kurang lebih ada 329 jenis buahbuahan baik yang sudah dibudidayakan maupun yang masih tumbuh liar di hutanhutan. Jumlah tersebut sangatlah besar oleh karena dari jumlah jenis buah-buahan yang ada di seluruh kawasan Asia Tenggara yang jumlahnya mencapai 350 jenis, 94% terdapat di Indonesia.

Indonesia merupakan salah satu dari 8 pusat keanekaragaman genetika khususnya jenis buah-buahan tropik seperti durian, rambutan dan bacang. Dilaporkan ada sekitar 30 jenis durian di seluruh dunia dan 14 jenis di antaranya endemik di Borneo yang sebagian besar masih tumbuh liar di hutan. Sedikitnya di Kalimantan Timur terdapat 5 jenis durian. Selain Durio zibethinus, jenis-jenis yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan antara lain adalah Durio kutejensis, D. dulcis, D. grandiflorus, D. graveolen, D. oxleyanus, dan D. lowiana.

Terbatasnya informasi tentang pengetahuan dan data keanekaragaman jenis buah durian, merupakan salah satu kendala yang dihadapi dalam pengelolaan dan pengembangan buah durian di Indonesia. Penelitian ekologi durian di habitatnya diharapkan dapat menambah data pengetahuan untuk pengembangan selanjutnya agar dapat memberikan hasil yang lebih baik.

Tujuan Penelitian
Berbagai aspek penelitian tentang durian perlu dilakukan agar informasinya dapat saling melengkapi sehingga dapat dihasilkan durian-durian yang memiliki kualitas sangat baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui struktur, komposisi vegetasi dan faktor fisik di habitat durian.

Selengkapnya mengenai Penelitian Tentang Buah Durian silakan sobat (download)

itulah tadi posting Contoh Penelitian Tentang Buah Durian. semoga ada guna dan manfaatnya. wassalam

http://jurnalpendidikanislam.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis