website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Senin, 04 Juni 2012

Minuman Bersoda dan Cola Picu Hipertensi


E-LIFE
Senin, 04 Juni 2012 , 13:12:00






ilustrasi
NEWYORK - Anda bukan penderita hipertensi tetapi suka minum-minuman manis? Sebaiknya berpikir ulang saat ini. Pasalnya, hasil penelitian di Amerika menunjukkan kebiasaan meminum minuman manis berisiko memiliki tekanan darah tinggi daripada mereka yang lebih sedikit. Apalagi minuman berkarbonasi dan mengandung Cola dituding sangat terkait dengan resiko hipertensi.

Tim peneliti menemukan orang yang mengkonsumsi lebih banyak soda dan minuman manis potensial memiliki tingkat tekanan darah lebih tinggi dibandingkan mengkonsumsi lebih sedikit. Namun, gula yang dihasilkan dari buah disinyalir tidak mengakibatkan hal serupa.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of General Internal Medicine tersebut diikuti lebih dari 200.000 pria dan wanita dengan rentang usia hingga 38 tahun. Hasilnya ditemukan bahwa seseorang yang mengkonsumsi minuman manis secara teratur yang mengandung gula atau pemanis buatan, meningkatkan resiko sekitar 13 persen terkena tekanan darah tinggi.

Minuman berkarbonasi dan cola disebutkan yang paling potensial dengan risiko hipertensi. Tetapi gula buah atau fruktosa dalam minuman bukan termasuk kategori ini. "Kami tidak tahu apa yang menyebabkan peningkatan risiko dalam minuman dengan pemanis buatan," kata Lisa Cohen, penulis utama studi dan peneliti di University of Maryland Medical Center seperti dilansir Reuters (3/6).

Cohen dan timnya memantau data dari tiga studi besar-besaran, termasuk hampir 224.000 pekerja kesehatan, pelaku diet dan kesehatan usia 16 - 38 tahun. Sebelumnya, telah dipastikan tidak ada peserta yang menderita tekanan darah tinggi pada awal studi tersebut. Seiring waktu, mereka yang minum setidaknya satu minuman pemanis buatan sehari memiliki peningkatan risiko 13 persen terkena hipertensi dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki minuman manis sekali sebulan atau kurang. Demikian pula dengan peserta yang minum setidaknya satu gelas minuman manis sehari, dimana memiliki resiko peningkatan 14 persen atas hipertensi.

Sementara itu, Walikota New York Michael Bloomberg pekan lalu mengusulkan larangan ukuran besar minuman bersoda manis. Ini merupakan gebrakan baru dari serangkaian inisiatif kesehatan masyarakat yang mencakup kampanye untuk mengurangi garam dalam makanan restoran dan makanan kemasan.(esy/jpnn)
sumber : http://www.jpnn.com/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis