website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Minggu, 27 Mei 2012

Sensasi Rasa Baru Di Ujung Lidah


Sebuah penelitian baru membuktikan bahwa selain dapat merasakan manis, pahit,asam,asin dan gurih lidah pada manusia bisa merasakan sensasi rasa baru yang lebih luas. Benarkah?
Adalah kalsium, sebuah sensasi rasa baru yang ditemukan oleh para ahli kimia di Philadelphia.Temuan itu dilaporkan Michael G. Tordoff dan timnya dari Monell Chemical Senses Center di Philadelphia.
Seperti dikutip FoxNews,Tordoff membuktikan bahwa lidah mencit (tikus putih kecil) memiliki sensor rasa kalsium. Berdasarkan temuan itu, Tordoff menduga manusia juga sama. Karenanya, mencit dan manusia berbagi bermacam gen yang sama.
“Orang tidak mengonsumsi kalsium sebanyak yang dianjurkan ahli nutrisi,” kata Tordoff. “Itu terjadi karena makanan tinggi kalsium rasanya tidak enak.”
Awalnya, Tordoff agak kesulitan menerangkan seperti apa rasa kalsium yang tidak enak itu. “Rasanya seperti kalsium,” kata dia.
“Tak ada kata yang lebih tepat dari itu. Rasanya getir, mungkin sedikit asam. Tapi rasanya tak cuma itu karena ada reseptor untuk kalsium, bukan cuma pahit atau asam.”
Ilmuwan itu menyatakan bahwa penyesuaian rasa kalsium dapat membuat orang yang kekurangan nutrisi penting itu mau mengonsumsinya.
“Dengan memahami bagaimana kalsium dideteksi dalam mulut, kami bisa mempermudahnya dikonsumsi dengan mengurangi rasanya yang getir atau membuat agen farmakologis yang membuatnya terasa lebih enak,” tutur Tordoff.
Tidak hanya sensasi rasa kalsium saja, menurut penelitian yang dilakukan Tordoff, masih dapat merasakan beberapa rasa baru lagi antara lain :
Kesejukan
Sensasi rasa kesejukan mungkin menggambarkan sensasi rasa mint dan segar dari peppermint atau mentol. Persepsi sensorik bekerja pada rasa tersebut, reseptor sentuh diaktifkan, disebut TPRM8.
Sebagai sensasi sentuhan, baik piquance dan kesejukan yang ditransmisikan ke otak melalui saraf trigeminal, bukan tiga saraf klasik untuk rasa. Himpunan saraf yang membawa sensasi terbakar dan pendinginan berbeda dari dari sensasi rasa.
Lemak
Banyak orang yang menikmati makanan berlemak. Hasil penelitian telah menujukkan bahwa, tikus dapat mencicipi lemak. Tampaknya manusia juga dapat merasakan lemak. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam British Journal of Nutrition. Asam lemak cenderung terasa pahit di mulut.
Metallicity
Rasa logam, seperti emas dan perak juga dapat dirasakan di rongga mulut. Para peneliti telah menunjukkan bahwa, sensasi rasa ini mungkin ada hubungannya dengan konduktivitas listrik.
“Hal tersebut seperti baterai kecil, dengan setetes air liur, maka akan mendapatkan sekitar 550 milivolt,” kata Harry Lawless, seorang profesor emeritus ilmu makanan di Cornell University. [mor]
Rasa Gatal Bisa Menular?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis