website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Minggu, 10 Juni 2012

Dua Kali CT Scan, Risiko Kanker Otak Naik Tiga Kali Lipat




MENURUT para ilmuwan, risiko kanker otak naik tiga kali lipat pada anak-anak setelah melakukan CT scan dua atau tiga kali. Mereka juga berisiko lebih besar terkena leukemia (kanker darah).

Para peneliti memperkirakan setiap 10.000 anak berusia 10 tahun atau kurang yang di-CT scan, satu dari mereka terkena tumor otak dan satu lagi didiagnosis mengidap leukemia. Tetapi mereka juga mengatakan, CT scan dapat menyelamatkan nyawa dan risiko berkembangnya kanker sangat kecil.

Dr. Mark Pearce dari Newcastle University mengatakan, “CT scan bersifat akurat dan cepat, sehingga harus digunakan bila manfaat langsung CT scan lebih besar daripada risiko jangka panjangnya. Kami telah diberi tahu bahwa CT scan meningkatkan risiko kanker, tetapi ini adalah penyakit langka. Risikonya pun kecil, tapi kita harus tetap menyadari bahwa risiko apapun tetap adalah risiko.”

Dalam studi yang dipublikasikan di The Lancet, para peneliti dari Newcastle University dan National Cancer Institute di AS mengamati 175.000 anak dan remaja di bawah usia 21 yang dirawat di NHS dan menerima CT scan pertama mereka antara 1985 dan 2002.

Mereka memperkirakan dan menghubungkan jumlah radiasi yang diterima tubuh akibat CT scan dengan risiko tumor otak dan leukemia selama 10 tahun ke depan. Risiko tumor otak meningkat tiga kali lipat setelah kepala menyerap 50-60 milligray unit radiasi. Jumlah itu adalah tingkat pemaparan usai melakukan CT scan sebanyak 2-3 kali.

Dosis radiasi yang sama pada sumsum tulang yang diproduksi oleh lima sampai 10 kali CT scan pada kepala dapat melipatgandakan risiko terkena leukemia sebanyak tiga kali.

Seorang juru bicara Departemen Kesehatan mengatakan, CT scan dilakukan hanya ketika “dibenarkan secara klinis”. Setiap 100.000 anak berusia sampai 19 tahun di Inggris, ditemukan tiga kasus tumor otak dan empat sampai lima kasus leukemia, seperti dilansir Dailymail.



Sumber : koranFB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis