website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Sabtu, 16 Juni 2012

Hindari Diabetes! Ganti Jus Buah di Pasaran dengan Air Putih


TRIBUNNEWS.COM - Mengganti kebiasaan mengonsumsi minuman bersoda dan jus buah yang dijual di pasaran dengan air putih terbukti sangat ampuh mencegah munculnya diabetes mellitus.
Tim peneliti dari Harvard School of Public Health yang memublikasikan penelitian ini di American Journal of Clinical Nutrition menyatakan secara tidak langsung bahaya dibalik minuman bersoda dan jus buah. Banyak orang tidak sadar bahwa kedua jenis minuman itu mengandung gula dengan takaran sangat tinggi.
Ketua tim peneliti Dr Frank Hu mengatakan penelitian ini menegaskan bahwa minuman manis tidak baik. Jumlah air putih yang diminum sebenarnya tidak memengaruhi risiko diabetes. Orang yang minum lebih dari enam cangkir sehari berisiko sama seperti yang minum kurang dari satu cangkir sehari. Namun, kandungan gula pada minuman bersoda dan jus buahlah yang terkait erat dengan risiko diabetes. Orang yang mengasup minuman manis berisiko sekitar 10 persen lebih tinggi menderita diabetes untuk setiap cangkir yang dikonsumsi setiap hari.
Tim peneliti memperkirakan bahwa jika konsumsi satu cangkir minuman bersoda atau jus buah diganti dengan satu cangkir air putih, risiko diabetes  akan menurun 7 sampai 8 persen."Pada kenyataannya, jus buah mengandung jumlah kalori dan gula yang hampir sama dengan minuman ringan"
"Diabetes merupakan hal yang  umum dalam masyarakat kita, dari  7 sampai 8 persen risiko diabetes menurun pada seseorang, membawa pengaruh cukup besar dalam suatu populasi" kata Dr Hu.
Para peneliti juga menemukan bahwa kopi tanpa gula atau teh mungkin bisa menjadi alternatif yang baik pula untuk minuman manis.
Para peneliti memperkirakan bahwa mengganti satu cangkir minuman bersoda atau jus buah dengan satu cangkir kopi atau teh bisa mengurangi risiko diabetes sebesar 12 hingga 17 persen.
"Penelitian ini penting untuk menunjukkan bahwa jus buah bukan solusi yang optimal mengganti minuman bersoda atau minuman manis. Intinya,  air putih adalah salah satu solusi yang bebas kalori, sehingga merupakan suatu pilihan yang terbaik untuk minuman" tambahnya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis