website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Rabu, 13 Juni 2012

Terlalu Sedikit Garam Bisa Bahaya untuk Kesehatan


RABU, 6 JUNI 2012 18:26 wib


Gustia Martha Putri - Okezone

detail berita
Garam (Foto: google)
MENURUT studi penelitian yang banyak dikabarkan belakangan ini menyatakan bahwa asupan tinggi garam berbahaya bagi kesehatan. Tetapi, terlalu sedikit natrium pun hampir sama buruknya.

Sebuah studi terbaru yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association mengemukakan hasil penelitian bahwa terlalu sedikit natrium dapat mempengaruhi kesehatan jantung.

Para peneliti dari studi ini menemukan bahwa mirip dengan diet natrium tinggi, diet rendah sodium juga tidak bagus untuk kesehatan. Dalam penelitian ini, peneliti melibatkan 28.880 pria dan wanita berusia 55 tahun.

Sebagaimana dilansir iVillage, Rabu (6/6/2012), hasil penelitian mengungkapkan bahwa orang yang memiliki empat sampai enam gram natrium setiap hari berisiko 19 persen lebih besar mengalami penyakit kardiovaskular dan kematian dibandingkan dengan orang yang memiliki dua sampai tiga gram natrium. Dengan kata lain, lebih sedikit garam yang mereka konsumsi, semakin besar risikonya pada kesehatan mereka.

Selain itu, peserta studi yang sedang diet rendah garam mengalami peningkatan rawat inap dan risiko kematian lebih tinggi akibat gagal jantung, ujar seorang peneliti studi tersebut.

Dr Susan Jebb, Kepala Gizi dan Penelitian Kesehatan MRC di kantornya Cambridge seperti dikutipTimesonline, mengatakan konsumsi garam yang direkomendasikan untuk orang dewasa sebesar enam gram atau setara dengan satu sendok teh. Dengan konsumsi garam enam gram per hari, bisa mengurangi risiko stroke 13 persen dan risiko penyakit jantung 10 persen.

Asupan garam memang perlu dibatasi agar terhindar dari penyakit tekanan darah, seperti stroke dan jantung. Namun, terlalu sedikit garam dapat menyebabkan gangguan mental, ketidakmampuan berkonsentrasi, dan dalam kasus yang ekstrem bisa berakibat fatal mengalami hiponatremia.
(tty)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis