website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Senin, 11 Juni 2012

Jutaan Kematian Bisa Dicegah dengan Mengurangi Garam


Vera Farah Bararah - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Konsumsi garam yang terlalu tinggi bisa menimbulkan bahaya bagi tubuh termasuk penyakit kardiovaskular. Karenanya mengurangi asupan garam, bisa mencegah jutaan kematian di seluruh dunia.

Professor Francesco Cappuccio dari Warwick Medical School dalam pertemuan tahunan PBB tingkat tinggi mengenai penyakit tidak menular menuturkan asupan garam yang diturunkan memiliki potensi untuk menyelamatkan jutaan nyawa di seluruh dunia karena mengurangi kasus penyakit jantung dan stroke.

Penelitian baru yang dilakukan oleh Professor Cappuccio dalamBritish Medical Journal menunjukkan bahwa di Inggris pengurangan 3 gram garam per hari bisa mencegah 8.000 kematian stroke dan 12.000 kematian penyakit jantung koroner per tahun di Inggris.

Penurunan serupa juga terjadi di Amerika Serikat yaitu pengurangan kasus penyakit jantung koroner sebanyak 120.000, kasus stroke berkurang hingga 6.000 dan serangan jantung hingga 99.000 per tahunnya. Kondisi ini bisa menghemat biaya perawatan kesehatan sebesar US$ 24 miliar per tahunnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga telah menetapkan tujuan global dalam mengurangi asupan garam hingga kurang dari 5 gram (sekitar 1 sendok teh) per orang per tahunnya. Hal ini karena asupan garam di banyak negara saat ini sudah jauh melebihi yang dianjurkan.

"Harus diakui bahwa produsen makanan juga memberikan kontribusi terhadap epidemi penyakit kardiovaskular, karenanya mereka juga memiliki tanggung jawab yang besar," ujar Professor Cappuccio.

Professor Cappuccio memperingatkan pencegahan yang bisa dilaksanakan melalui reformulasi makanan, intervensi pasar atau tindakan wajib bagi seluruh industri, serta peran dari semua pihak termasuk akademisi, pemerintah dan organisasi kesehatan.

Garam adalah mineral yang terdiri dari 40 persen natrium dan 60 persen klorida. Mineral tersebut memang penting untuk semua makhluk hidup, tapi tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Karena kelebihan garam dalam tubuh bisa menyebabkan efek yang serius pada kesehatan, termasuk rasa haus, anemia, rasa lapar palsu dan beberapa penyakit.<
(ver/ir


Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis