website trackingwebsite tracking

PTC..PELUANG DAPAT UANG HANYA DENGAN MODAL KLIK

Senin, 11 Juni 2012

Kurangi Kadar Garam dengan Mencium Makanan


Merry Wahyuningsih - detikHealth

img
(Foto: thinkstock)
Burgundy, Bermain-main dengan bau makanan bisa menjadi kunci untuk membuat makanan tampak lebih asin. Mencium makanan sebelum Anda memakannya bisa membantu mengurangi kadar garam yang Anda makan.

Otak bisa tertipu dan berpikir makanan lebih asin daripada yang sebenarnya, yaitu dengan menggunakan bau tertentu yang meningkatkan persepsi garam dalam makanan.

Menurut peneliti, mencium makanan sebelum Anda memakannya dapat mengurangi kandungan garam dari makanan lebih dari 25 persen, dengan meningkatkan intensitas bau tertentu.

Penelitian baru yang dilakukan oleh ilmuwan University of Burgundy, menunjukkan bahwa dengan menambahkan aroma buatan yang terkait dengan rasa asin, seperti berasal dari sarden, keju atau daging, bisa menipu pikiran konsumen bahwa ada lebih banyak garam dalam makanan dibandingkan yang sebenarnya. Peneliti telah mengidentifikasikan 14 bau berbeda yang dapat meningkatkan persepsi asin makanan tanpa tambahan garam.

"Dalam penelitian kami mengamati peningkatan rasa asin disebabkan oleh bau sarden tetapi tidak dengan bau wortel. Bau sarden kongruen dengan rasa asin sedangkan wortel tidak bau," jelas Dr Thierry Thomas-Danguin, peneliti Centre for Science of Taste and Food di University of Burgundy, seperti dilansir Telegraph, Senin (15/8/2011).

Bau yang meningkatkan persepsi asin adalah sebuah fenomena yang terpusat berdasarkan memori asosiatif dan pengaktifan representasi internal dari bau garam.

Selain bau sarden, bau lain seperti kacang tanah, ham, teri dan bacon juga dapat meningkatkan rasa garam dalam makanan.

Dengan menambahkan bau tersebut untuk makanan, peneliti percaya hal itu akan dapat mengurangi jumlah garam pada makanan sebenarnya. Namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk dapat mengembangkannya.

Konsumsi garam berlebihan adalah faktor risiko utama pada penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan stroke.

Food Standard's Agency memperkirakan bahwa pengurangan konsumsi garam hingga jumlah sehat 6 gram per hari dapat mencegah sekitar 20.000 kematian prematur per tahun. Saat ini rata-rata orang dewasa Inggris makan 8,6 gram garam sehari.


Sumber : detik.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

GRATIS PLUS HADIAH

Hosting Gratis